Air Tanah dan Air Permukaan

18.30




Dalam rangka untuk memahami kontaminasi air minum, maka perlu terlebih dahulu memahami dari mana air minum kita berasal .  Bagi penduduk kota besar yang mengandalkan sistem air perkotaan,  air minum berasal dari dua sumber utama:  air tanah dan air permukaan.  Kedua sumber air minum akan dirujuk seluruh panduan ini untuk kontaminasi air.

Air tanah mengacu pada setiap air dibawah permukaan yang terjadi di bawah tabel air di dalam tanah dan bentuk-bentuk geologi lainnya (Rail, 2000). Para ilmuwan memperkirakan air tanah yang membentuk 95% dari semua air tawar yang tersedia untuk minum. Air tanah merupakan sumber air yang signifikan bagi banyak sistem air perkotaan di Amerika Serikat. Penduduk pedesaan, menarik air dari sumur, juga mengandalkan pada air tanah.

Air permukaan mengacu pada air yang terjadi di danau, sungai, sungai, atau sumber air lainnya segar digunakan untuk persediaan air minum. Sementara sebagian besar air minum di Indonesia diambil  dari sumber air tanah, air permukaan tetap menjadi sumber air yang signifikan.

Setiap sumber air memiliki seperangkat unik kontaminan ; tanah pestisida kimia toko dan nitrat sementara air permukaan yang mengandung mikroorganisme yang palingbakteri dan lainnya. Karena keterkaitan antara air tanah dan air permukaan, kontaminan ini dapat dibagi antara dua sumber. Baik sumber air yang dapat sepenuhnya bebas dari kontaminan air.  Karena siklus air (hidrologi), dua sumber air minum pakan sama lain, berbagi kontaminan.

Air tanah umumnya disimpan dalam saluran air, lapisan bawah tanah batuan berpori yang jenuh dengan air. Saluran air ini menerima air sebagai tanah menjadi jenuh dengan pengendapan atau melalui aliran dan limpasan sungai. Sebagai saluran airmelebihi kapasitas mereka untuk penyimpanan air, mereka akan berdarah kembali ke sungai air atau sungai. Para saluran air menjaga keseimbangan alami dari air,bergantian menerima atau memberikan air sebagai tingkat kejenuhan merekaberosilasi. Sepanjang proses ini, air terus-menerus bergerak antara sumber permukaan dan air tanah, berbagi kontaminan.

Halaman Sebelumnya                                                                                                     Halaman Berikutnya



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar